Rabu, 14 Desember 2011

Ubuntu dan versinya





1.       Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli professional
Versi ubuntu yaitu :
  • Ubuntu 4.10 (Warty Warhong) yang merupakan release pertama kali hadir pada bulan oktober 2004
  • Ubuntu 5.04 (Hoarry Hedgehog) merupakan relase kedua yang hadir pada bulan april 2005 yang tidak disupport lagi semenjak bulan oktober 2006.
  • Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
  •  Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
  •  Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
  • Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
  • Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)
  • Ubuntu 8.04 (Hardy Heron)
  • Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)
  • Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope)
  •  Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)
  • Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx)
  • Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)
  • Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)
  • Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot)

2.       Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan Linux
  • Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  • Linux mudah digunakan.
  • Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows,
  • Keamanan yang lebih unggul daripada Windows.
  • Linux relatif stabil.
  • Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty).
  • Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux..


Kekurangan Linux

  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’.
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
  3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
  4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar
  5. Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows.
  6. Struktur direktori dan hak-akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan Windows dan belum mengenal UNIX/Linux sama sekali

3.       Dilinuk aplikasi yang digunakan untuk administrasi
             a.      Blender 3D
           Blender 3D merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis dengan kualitas 3D yang sangat          tinggi. Bahkan aplikasi ini tidak jarang digunakan untuk memproduksi animasi 3D komersil. Dengan beragam fitur dan kelengkapan yang disediakan pada aplikasi ini, betapa beruntungnya kita karena aplikasi ini bisa didapat dengan gratis.
            b.       Pencil (2D)
Pencil adalah aplikasi grafis 2D yang mengolah traditional hand-drawn animations, dengan mengompilasikannya pada “page-page” yang disediakan sehingga membentuk sebuah digital flipbook.
c.       Stopmotion
Merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk meng-capture dan atau mengkombinasikan foto secara bersamaan untuk menciptakan sebuah Stopmotion video yang cukup halus. Tidak hanya mampu menangani pembuatan claymation video dan sejenisnya, namun juga handal untuk pembuatan timelapsed video.
d.      Audio CD Extractor (ripper)
Aplikasi ini pertama lebih dikenal dengan nama Sound Juicer, aplikasi CD ripper yang sangat mudah penggunaannya. Aplikasi ini juga handal dan cepat dalam proses pembuatan CD musik, interfacenya yang simpel tetap membuatnya menjadi salah satu aplikasi pengolah audio terdepan.
e.       Utube-Ripper
Anda salah satu YouTube freak? tentu anda tak akan melewatkan aplikasi yang satu ini, dengan YouTube Ripper anda bisa men-download dan menyimpan setiap video yang ada di YouTube, bahkan aplikasi ini juga memperbolehkan anda hanya menyimpan file audio-nya saja.
f.       GIMP
GIMP merupakan alternatif dari Adobe Photoshop di Linux. Menawarkan editing dan authoring image tingkat lanjut. GIMP juga mendukung pembuatan animasi dengan berbagai jenis tool, plugins, filter, dan brush. Hampir semua yang bisa dilakukan oleh Photoshop dapat juga dilakukan oleh GIMP, walaupun pada awalnya kita harus berkenalan dahulu dengan tiap-tiap tool dan fitur yang ada di aplikasi ini.
g.      Phatch Photo Batch Processor
Aplikasi ini sangat membantu anda dalam editing foto dengan cepat dan mudah, dengan aplikasi ini anda bisa melakukan resize, crop, rotate, add rounded corners, change perspective, dan berbagai kegunaan lain yang begitu praktis.
h.      QCaD
QCaD layaknya autoCAD yang dapat ditemui di Ubuntu. Menawarkan banyak kemudahan seperti dapat men-support file dari autoCAD, maupun file sejenis lainnya.
i.        xPDF
xPDF adalah salah satu dari PDF tool yang ada, aplikasi yang ringan dan dapat men-support standard, Truetype, dan Type 1 fonts. xPDF juga dilengkapi dengan converting PDF ke format lain yang berbeda, terdapat juga fitur multiple languages.
j.        AbiWord
Untuk yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, aplikasi ringan dan mudah sekali penggunaannya, bekerja sangat baik di Linux. handal dalam pemrosesan document.
k.      OpenOffice Writer
Aplikasi word processing kali ini pastinya sudah pernah anda coba, aplikasi word processing high-end yang mempunyai segudang fitur dan layanan yang kita butuhkan dalam pemrosesan document. Jika anda ingin mencari pengganti MS Office, OpenOffice adalah alternatif terbaik.
            l.        OpenOffice Spreadsheet
Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS Excel.
           m.    OpenOffice Presentation
Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS PowerPoint.

           n.      OpenOffice Impress
Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS Publisher.
           o.      KAddressBook
Kaddress merupakan aplikasi personal contacts / address manager yang cukup berguna.
           p.      KOrganizer
Aplikasi ini dapat membantu anda mengorganisir kegiatan sehari-hari anda, dengan fungsi kalender dan pengaturan jadwal, Korganizer juga menyediakan fitur track important dates, dan add notes.
           q.      GnuCash
GnuCash sangat berguna untuk me-manajemen keuangan, baik secara personal maupun badan usaha (bisnis). Aplikasi ini menawarkan beragam fitur seperti dapat men-support banyak tipe file semisal Quickbook files, GnuCash juga menawarkan multiple accounts, dan secara konstan mengkalkulasi balance, hampir semua yang dibutuhkan dalam me-manage keuangan anda ada disini.





1 komentar:

Darman Kaada mengatakan...

bisa membantu neh cari tugas-tugas kuliah